SOFTSKILL
METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi berasal dari bahasa Yunani
“metodos” dan ""logos, kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu
“metha” yang berarti melalui atau melewati dan “hodos” yang berarti jalan atau
cara. Metode berarti suatu jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan. logos
artinya ilmu.
Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang
digunakan untuk memperoleh kebenaran
menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran,
tergantung dari realitas yang sedang dikaji.
Metode (method), secara harfiah berarti cara. Selain itu
metode atau metodik berasal dari bahasa Greeka, metha, (melalui atau melewati),
dan hodos (jalan atau cara), jadi metode bisa berarti jalan atau cara yang
harus di lalui untuk mencapai tujuan tertentu.
Secara umum atau luas metode atau metodik berarti ilmu
tentang jalan yang dilalui untuk mengajar kepada anak didik supaya dapat
tercapai tujuan belajar dan mengajar. Prof. Dr.Winarno Surachmad (1961),
mengatakan bahwa metode mengajar adalah cara-cara pelaksanaan dari pada
murid-murid di sekolah.Pasaribu dan simanjutak (1982), mengatakan bahwa metode
adalah cara sistematik yang digunakan untuk mencapai tujuan.
Metode adalah prosedur atau cara yang ditempuh untuk
mencapai tujuan tertentu. Kemudian ada satu istilah lain yang erat kaitannya
dengan dua istilah ini, yakni tekhnik yaitu cara yang spesifik dalam memecahkan
masalah tertentu yang ditemukan dalam melaksanakan prosedur.
Ilmu
terdiri atas empat prinsip:
- keteraturan (orde)
- sebab-musabab (determinisme)
- kesederhanaan (parsimoni)
- pengalaman yang dapat diamati (empirisme)
Dengan prinsip-prinsip yang demikian maka ada
banyak jalan untuk menemukan kebenaran. Metodologi adalah tata cara yang
menentukan proses penelusuran apa yang akan digunakan.
Metodologi penelitian
adalah tata cara yang lebih terperinci mengenai tahap-tahap melakukan sebuah penelitian.
PENGERTIAN
METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan,
dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga
merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode. Penelitian merupak
an suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan,
juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki
masalah tertentu yang memerlukan jawaban. Hakekat penelitian dapat
dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk
melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda, di
antaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan
tujuan penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian
merupakan refleksi dari keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui
sesuatu. Keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan
kebutuhan dasar manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan
penelitian.
Adapun
tujuan Penelitian adalah penemuan, pembuktian dan pengembangan ilmu
pengetahuan.
- Penemuan. Data yang diperoleh dari penelitian merupakan data-data yang baru yang belum pernah diketahui.
- Pembuktian. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk membuktikan adanya keraguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu.
- Pengembangan. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.
Kegunaan
penelitian dapat dipergunakan untuk memahami masalah, memecahkan masalah, dan
mengantisipasi masalah.
- Memahami masalah. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui dan selanjutnya diketahui.
- Memecahkan masalah. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk meminimalkan atau menghilangkan masalah.
- Mengantisipasi masalah. Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk mengupayakan agar masalah tersebut tidak terjadi.
4. Langkah Dalam Metode Ilmiah
5. Pelaksanaan penelitian dengan
menggunakan metode ilmiah harus mengikuti langkah-langkah tertentu. Marilah
lebih dahulu ditinjau langkah-langkah yang diambil oleh beberapa ahli dalam
mereka melaksanakan penelitian.
6. Schluter (1926) memberikan 15
langkah dalam melaksanakan penelitian dengan metode ilmiah. Langkah-langkah
tersebut adalah sebagai berikut:
7. Pemilihan bidang, topik atau judul
penelitian.
8. Mengadakan survei lapangan untuk
merumuskan masalah-malalah yang ingin dipecahkan.
9. Membangun sebuah bibliografi.
10. Memformulasikan dan mendefinisikan
masalah.
11. Membeda-bedakan dan membuat out-line
dari unsur-unsur permasalahan.
12. Mengklasifikasikan unsur-unsur dalam
masalah menurut hubungannya dengan data atau bukti, baik langsung ataupun tidak
langsung.
13. Menentukan data atau bukti mana yang
dikehendaki sesuai dengan pokok-pokok dasar dalam masalah.
14. Menentukan apakah data atau bukti
yang dipertukan tersedia atau tidak.
15. Menguji untuk diketahui apakah
masalah dapat dipecahkan atau tidak.
16. Mengumpulkan data dan keterangan
yang diperlukan.
17. Mengatur data secara sistematis
untuk dianalisa.
18. Menganalisa data dan bukti yang
diperoleh untuk membuat interpretasi.
19. Mengatur data untuk persentase dan
penampilan.
20. Menggunakan citasi, referensi dan
footnote (catatan kaki).
21. Menulis laporan penelitian.
SUMBER
No comments:
Post a Comment